Export Data Dari PHP Ke Excel

Microsoft Excel. Secanggih apapun program yang kita buat, saya belum pernah tuh melihat program itu bisa berjalan tanpa harus menggunakan excel (atau sejenisnya). Tapi gak tau deh di perusahaan-perusahaan sekelas Google ya :p

Ini karena flexibilitas yang dimiliki Microsoft excel. Contoh saja : kita bisa melakukan penjumlahan beribu angka hanya dengan fungsi SUM, tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Bukan hanya itu, excel juga bisa menghitung fungsi-fungsi umum yang kita perlukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti : mencari rata-rata, pengurangan, pembagian, perkalian, dan masih banyak lagi.

Jadi, di artikel ini saya akan membahas tentang bagaimana cara memindahkan data dari PHP ke excel. Ada 2 cara yang akan saya bahas, yaitu :

  1. Menggunakan header Excel

Cara ini adalah cara-paling sederhana menurut saya. Anda cukup meletakkan code ini di baris paling atas file php, kemudian panggil file dari browser, dan.. walaa ! File excelpun terdownload secara otomatis 😉

  1. Menggunakan PHPExcel Library

Nah, kalau cara yang satu ini agak sedikit lebih rumit dari cara sebelumnya. Tetapi.. fitur yang didapat jauh lebih banyak. Cara ini menggunakan library PHPExcel.

Jika cara sebelumnya hanya bisa export PHP ke excel, maka dengan menggunakan library ini kita bisa mengatur templatenya sendiri menggunakan excel, kemudian diisi data dari PHP. Kita juga bisa menggunakan formula excel yang di kombinasikan dengan PHP, menggunakan style excel, support hyperlink, dan masih banyak lagi ! (selengkapnya).

Sampai jumpa di posting berikutnya. Di posting berikutnya saya akan membahas penggunaan PHPExcel dengan Codeigniter 3 😉

UPDATE !!!

ini dia postnya : Menggunakan PHPExcel dengan Codeigniter 3.

Selamat membaca 🙂