Ketika kita membeli mesin fingerprint, kita langsung mendapatkan software untuk mengelola absen yang terhubung dengan fingerprint tersebut. Namun sayangnya, sering kali software tersebut seringnya tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Softwarenya juga tidak dapat di custom dan berbasis desktop. Jika ingin menggunakan dari komputer lain, maka komputer tersebut harus di instal terlebih dahulu. Ribet :\

Solusinya : Buat baru sesuai kebutuhan 😀 Idenya banyak. Kita bisa membuat seperti misalnya, seluruh pegawai bisa login untuk melihat data absen masing-masing, tetapi hanya pegawai tertentu yang mempunyai hak akses penuh. Dan kita juga bisa menambahkan module yang bisa menyimpan seluruh data pegawai, foto, bahkan scan file-file yang dibutuhkan seperti : ijazah, sertifikat, dan sebagainya.

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi script untuk mengambil data dari fingerprint. Bukan cuma mengambil, data yang ditarik langsung disimpan ke dalam database 😀 Dalam tutorial ini, saya menggunakan Codeigniter 3 dan GroceryCRUD untuk operasi CRUD-nya. Atau anda dapat menggunakan Simpleton, skeleton Codeigniter sederhana yang sudah dilengkapi dengan AdminLTE, Ion Auth dan GroceryCRUD.

Sebelum mulai, ada beberapa hal yang harus anda ketahui :

  • Pastikan server anda support PHP Soap.
  • Penamaan database, tabel, file dan folder bisa anda lakukan sesuai keinginan anda jika anda sudah familiar dengan Codeigniter. Tetapi juka belum, ikuti saja penamaan di tutorial yang saya tulis.
  • Dalam tutorial ini, saya menggunakan mesin fingerprint Solution X 100 C. Sebelumnya saya menggunakan X 104 C, saya yakin script yang saya tulis sudah benar, namun tetap tidak bisa terhubung. Ternyata setelah saya tanya ke Solution pusat, X 104 C memang Tidak support PHP Soap, jadi tidak bisa dihubungkan dengan PHP -_- Buang-buang waktu aja :@
  • Anda dapat mendownload filenya yang saya share pada akhir halaman tutorial ini 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.