Bagi kamu yang sudah biasa bermain di import data excel ke database, mungkin sudah terbiasa dengan library yang satu ini : ci-excel-reader. Benar sekali, dengan library ini, anda mampu melakukan import file excel ke database dengan mudah. Sampai pada akhirnya anda sadar kalau di library ini masih terdapat satu bug fatal ! Ketika anda import value datetime dari excel ke database, nilainya tidak sesuai. Berbeda sekitar +8 jam jika saya tidak salah. Silahkan anda coba sendiri.

Untuk itu, saya tidak merekomendasikan library ini untuk melakukan import file excel ke database.  Solusinya :

  1. Edit Library ci-excel-reader,
  2. Gunakan Library PHPExcel.

Saya sarankan anda untuk menggunakan solusi kedua, yaitu menggunakan library PHPExcel. Yap ! Ditulisan sebelumnya, saya telah membahas tentang Export data dari PHP Ke Excel. Tetapi, PHPExcel bukan cuma untuk Export data saja. Library ini bisa melakukan lebih dari yang anda bayangkan 😀 Jadi, kali ini saya akan membahas tutorial untuk melakukan import – export data dari database dengan menggunakan Codeigniter dan PHPExcel. Tulisan ini saya buat juga karena banyak yang minta di Group Pemrograman Web 😀

Baiklah, sebelum mulai, siapkan Dulu bahan-bahannya :

  1. Codeigniter
  2. PHPExcel. Setelah di download, letakkan di dalam folder application/library.

PERHATIAN : Gunakan nama controller selain Phpexcel. Saya tidak tahu kenapa, tetapi jika nama controllernya sama dengan nama library, program tidak bisa jalan :\ mungkin ada yang tahu kenapa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.